5 Instrumen Aneh Terbaik dari Seluruh Dunia

Maret 30, 2022 Off By Rachael
Balalaika

Sebagian besar musisi saat ini cenderung menggunakan instrumen seperti gitar, biola atau piano. Namun, selain instrumen umum ini, ada beberapa instrumen langka dan aneh yang mungkin belum pernah didengar oleh banyak musisi, apalagi tahu bagaimana suaranya. Alat musik langka rekomendasi blog http://139.99.23.76/ ini menghasilkan suara yang indah dan merdu.

Berikut 5 instrumen aneh dan langka dari berbagai belahan dunia:

Balalaika

Balalaika adalah alat musik petik dari Rusia dengan ciri khas tubuh segitiga. Alat musik ini dibunyikan menggunakan tiga senar dan dapat dimainkan dengan menggunakan jari atau dengan plektrum kulit. Instrumen memiliki ekstensi kaki untuk kemudahan dan kenyamanan saat bermain. Ada beberapa variasi Balalaika termasuk alto balalaika, prima balalaika, bass balalaika, contrabass balalaika, dan secunda balalaika.

Singing Ringing Tree

Sangat sedikit musisi yang pernah melihat instrumen Singing Ringing Tree. Ini adalah patung bertenaga angin yang menyerupai pohon dan menciptakan suara yang merdu. Instrumen ini ditemukan di Lancashire, Inggris di Eropa. Instrumen setinggi 3 meter ini dibuat menggunakan pipa baja galvanis dan memanfaatkan energi angin untuk menciptakan berbagai suara paduan suara yang dihasilkan dalam beberapa oktaf. Struktur instrumen terdiri dari kombinasi pipa yang dipotong khusus untuk menghasilkan musik dan beberapa pipa lain untuk menahan struktur serta berfungsi sebagai elemen visual.

Cajon

Cajon awalnya dikembangkan di Peru oleh budak Afrika. Alat musik ini berupa kotak kayu berbentuk heksagonal (enam sisi) dengan lubang di salah satu sisinya sedangkan sisi lainnya didesain menggunakan triplek tipis. Alat musik perkusi ini dimainkan dengan cara duduk di atasnya dan dipukul-pukul di bagian depan atau belakang dengan kuas, palu, tangan kosong, jari atau tongkat. Instrumen ini umumnya digunakan dalam musik Afrika dan Amerika Selatan. Namun, sejak masa lalu, instrumen ini mendapatkan popularitas dalam musik jazz dan flamenco kontemporer.

Hydraulophone

Hydraulophone

Hydraulophone adalah salah satu alat musik paling langka di dunia. Instrumen ini adalah perangkat sensorik yang dirancang terutama untuk musisi low vision. Alat musik akustik tonal ini dimainkan dengan cara bersentuhan langsung dengan air atau cairan lain. Dalam instrumen ini, suara dihasilkan dan dipengaruhi secara hidrolik. Jenis musik yang satu ini dengan cepat menjadi alat musik yang populer di Asia maupun di belahan dunia lainnya. Hal terbaik tentang instrumen ini adalah ia menciptakan suara yang berima dengan baik dengan sebagian besar genre musik.

Jaw Harpa

Juga dikenal sebagai GewGew di Eropa, harpa rahang adalah instrumen kecil yang terbuat dari logam atau bambu. Instrumen memiliki lidah fleksibel yang berada di dalam bingkai instrumen dan menciptakan getaran yang terdengar saat memainkan instrumen. Jaw Harp dimainkan dengan meletakkannya di mulut dan mencabut lidah perangkat untuk menghasilkan suara. Nada suara yang dihasilkan oleh instrumen ini dapat divariasikan dengan menggerakkan lidah dan bibir saat instrumen bergetar.

Ada banyak koleksi alat musik langka yang aneh dan mempesona dari berbagai belahan dunia. Instrumen ini ketika dimainkan secara artistik dan profesional, dapat menghasilkan suara dan nada magis yang dapat membawa musik Anda ke tingkat yang baru.