10 Alat Musik Termahal Sepanjang Masa

Agustus 26, 2021 Off By Rachael

10 Alat Musik Termahal Sepanjang Masa

Sebagian besar dari kita tahu bahwa alat musik dapat menghabiskan banyak biaya jika Anda mencari kualitas terbaik. Namun, ada kelas terpisah dari instrumen elit untuk ultra-kaya. Instrumen ini bukan berasal dari hari ini dan dibuat oleh beberapa seniman terhebat di masa lalu.

Instrumen-instrumen ini bernilai ribuan kali lipat daripada rekan-rekan reguler mereka. Jika Anda ingin tahu berapa batas harga untuk mereka, maka daftar ini cocok untuk Anda.

1. MacDonald Stradivarius Viola

Viola sedikit berbeda dengan biola dalam hal ukuran dan suara yang dihasilkan. Selain itu, keduanya identik. MacDonald Stradivarius Viola memegang gelar saat ini sebagai alat musik paling mahal sepanjang masa.

Dibanderol dengan harga Rp 45 juta. Namun, label harga ini terlalu mahal bahkan untuk orang terkaya di antara kita karena masih dijual. Jika dijual, Macdonald akan menjadi instrumen paling mahal untuk dijual, rekor yang tidak mungkin dipecahkan setidaknya selama beberapa dekade.

MacDonald Stradivarius Viola dibuat oleh salah satu pengrajin paling terkenal dalam sejarah, Antonio Stradivari, pada tahun 1719. Periode ini dianggap sebagai periode emas Antonio Stradivari, karena beberapa kreasi terbaiknya berasal dari masa ini.

Itu dinamai Baron Macdonald ke-3, Godfrey Bosville, yang mendapatkannya pada tahun 1820-an. Dan sampai sekarang, itu adalah salah satu dari dua biola Strad yang masih berada di tangan swasta.

2. Duport Stradivarius Cello

Ini adalah salah satu kreasi master perajin Antonio Stradivari. Kembali pada hari itu, dia terkenal di seluruh Eropa, dan beberapa raja akan memintanya untuk membuat instrumen pilihan mereka. Duport Stradivarius Cello adalah salah satu instrumen yang dibuat atas permintaan salah satu orang paling berkuasa pada masa itu yang memiliki website celebswithnoeyebrows.com.

Cello ini dibangun pada tahun 1711 atas permintaan khusus raja Prancis Raja Louis XIV untuk dokter pribadinya. Setelah kematian sang tabib, Cello dilelang di mana ia dibeli oleh Jean-Louis Duport, yang namanya diambil dari nama Cello.

Itu dimiliki oleh banyak seniman terkenal di abad kesembilan belas dan kedua puluh, ketika pada tahun 1971 itu memiliki pelamar baru. Duport dijual ke Cellist terkenal, Mstislav Rostropovich, yang pemiliknya sampai kematiannya pada tahun 2007.

Kemudian akhirnya dilelang, di mana Duport Stradivarius Cello dijual seharga $20 juta oleh Nippon Music Foundation. Itu tetap menjadi alat musik paling mahal yang pernah dijual.

3. Vieuxtemps Biola

Vieuxtemps Violin adalah biola termahal yang pernah dijual hingga saat ini. Ini dirancang oleh pembuat biola Italia terkemuka abad kedelapan belas sekitar 1741. Pria ini adalah Giuseppe Guarneri, dan biola Vieuxtemps dianggap sebagai ciptaan terbaiknya oleh beberapa sejarawan dan pemain biola.

Henri Vieuxtemps adalah seorang pemain biola Belgia yang mahir, dan dialah orang yang diberi nama biola canggih ini. Selama bertahun-tahun, Vieuxtemps Violin telah berada di tangan beberapa pemain biola paling terkenal. Beberapa di antaranya termasuk Sir Isaac Wolfson, Ian Stoutzker, Yehudi Menuhin, Itzhak Perlman dan Pinchas Zukerman. Itu dalam kondisi mint bahkan setelah digunakan selama lebih dari dua abad karena pengawetan dan pemeliharaan yang brilian.

Vieuxtemps Violin menjadi berita utama pada tahun 2012 ketika dilaporkan dijual dengan jumlah yang tidak diungkapkan kepada klien yang tidak disebutkan namanya. Pembeli kemudian memberikan penggunaan biola seumur hidup kepada pemain biola Amerika Anne Akiko Meyers. Kemudian pada tahun 2013, ekonom melaporkan bahwa jumlahnya lebih dari $16 juta.

4. Biola Lady Blunt Stradivarius

Lady Blunt adalah kreasi kedua Antonio Stradivari dalam daftar ini. Ada beberapa lagi dari keluarga Stradivarius jika Anda penasaran. Itu dibuat oleh Stradivari pada tahun 1721 dan merupakan salah satu alat musik antik terpelihara dengan baik yang pernah dibuat.

Itu telah berpindah tangan beberapa kali selama berabad-abad, namun namanya diambil dari salah satu pemilik paling terkenal. Pemiliknya adalah Lady Anne Blunt, salah satu pendiri Inggris dari Crabbet Arabian Stud dan cucu dari Lord Byron. Setelah dia, banyak orang membeli dan menjualnya kembali dengan jumlah uang yang mencengangkan.

Nippon Music Foundation membelinya dengan harga lebih dari $10 juta pada tahun 2008. Segera setelah itu pada tahun 2008 selama gempa bumi Tōhoku 2011, kembali dijual di mana ia dijual dengan harga hampir $15.9 juta dalam transaksi pribadi. Penerimaan digunakan untuk tujuan bantuan.

5. Paganini Stradivarius Cello

Paganini Stradivarius Cello adalah mahakarya lain dari rumah Stradivarius. Mereka adalah keluarga sejarah yang paling terkenal dalam hal membuat instrumen senar terbaik. Hal ini dinamai pemain biola terkenal dan Cellist yang pergi dengan nama Niccolò Paganini.

Keluarga Rumah Kaca adalah pemilik terakhirnya sampai baru-baru ini mereka memutuskan untuk menjualnya kepada musisi yang layak. Mereka menjualnya kepada pembeli yang dirahasiakan yang merupakan “pelindung seni dari Montreal” yang pada gilirannya meminjamkannya kepada seorang musisi muda berbakat bernama Stéphane Tétreault. Rumor mengatakan bahwa kesepakatan itu bernilai lebih dari $ 6 juta.

6. Hammer Stradivarius Biola – $3,54 juta

Sebelum Anda membuat asumsi apa pun, nama Hammer tidak ada hubungannya dengan bentuk atau kualitas suaranya. Biola Stradivarius ini dinamai Christian Hammer, yang merupakan kolektor abad kesembilan belas dari Swedia.

Pada tahun 1911, ia dibawa ke Amerika Serikat oleh seorang pemain biola bernama Bernard Sinsheimer. Itu tinggal di AS selama hampir 80 tahun sampai sebuah perusahaan minyak Jepang membelinya dalam penjualan real estat. Mereka meminjamkannya Kyoko Takezawa, seorang pemain biola terkenal yang memainkannya selama 12 tahun.

Biola Hammer menjadi berita utama di seluruh dunia ketika dijual kepada penawar yang dirahasiakan di lelang seharga $ 3,54 juta.

7. Jangkau Asia Fender Stratocaster

Reach Out To Asia Fender Stratocaster adalah gitar termahal yang pernah dijual dengan harga $2,7 juta. Itu dijual dalam lelang di Qatar pada tahun 2004 dan hasil dari penjualan pergi ke badan amal untuk korban tsunami tahun 2004 di Asia Selatan.

Gitarnya bersinar putih keperakan dan sangat spektakuler. Ini menampilkan tanda tangan dari beberapa bintang rock paling terkemuka yang pernah hidup di planet ini. Brian May, David Gilmour, Jimmy Page, Jeff Beck, Toni Iommi, dan Eric Clapton hanyalah beberapa nama legendaris yang telah menandatangani gitar ini.

8. Piano Steinway Z John Lennon

Kita semua pernah mendengar lagu hit John Lennon “Imagine” dan bagaimana suara piano halus yang membuat kita merasa nostalgia setiap kali kita mendengarnya. Itulah alasan Model Z dari Steinway & Sons ini menjadi piano termahal yang pernah dijual.

Setelah kematian John Lennon, piano itu dibeli oleh seorang kolektor swasta Inggris yang meminjamkannya ke Beatles Story Museum di Liverpool. Itu dilelang sekali lagi pada tahun 2000, di mana beberapa artis terkenal termasuk saudara Gallagher dari Oasis juga menawarnya.

Namun, pada akhirnya, itu dijual ke George Michael tertentu dengan harga hampir $ 2,1 juta. Kemudian, dia mengungkapkan bahwa dia membelinya agar bisa dilihat oleh orang-orang dan memutuskan untuk menyerahkannya ke museum Beatles Story.

9. Biola Lady of Tennant Stradivarius

Lady of Tennant-Lafont Stradivarius adalah entri lain dari keluarga Stradivarius. Ini dikandung pada tahun 1699 oleh Antonio Stradivari sendiri. Kadang-kadang, biola ini kadang-kadang juga dikenal sebagai Lady of Tennant-Lafont Stradivarius, setelah Charles Philippe Lafont, seorang pemain biola Prancis yang terkenal dan salah satu pemiliknya.

Setelah bertahun-tahun, itu dibeli oleh seorang pengusaha Skotlandia Sir Charles Clow Tennant yang diberikan kepada istrinya yang adalah seorang pemain biola amatir. Pada tahun 2005, itu dijual dalam lelang Christie di New York dengan harga lebih dari $ 2 juta. Sejak itu, Lady of Tennant telah dipinjamkan kepada dua pemain biola, Yang Liu dan Yossif Ivanov.

10. Stratocaster Eric Clapton: Blackie

Blackie adalah gitar signature yang digunakan oleh salah satu gitaris terbaik zaman modern, Eric Clapton. Itu adalah Stratocaster favoritnya dari Fender. Mengikuti banyak gitaris terkenal lainnya seperti Jimi Hendrix, ia beralih dari Gibson ke Fender di tahun 60-an.

Eric memainkannya secara langsung untuk pertama kalinya pada Januari 1973, setelah itu menjadi pilihan yang paling disukainya. Dia akan menampilkan banyak lagu hitnya selama beberapa tahun berikutnya di Blackie, sebelum akhirnya pensiun pada tahun 1985 di tur Behind The Sun.

Itu dijual di lelang Christie seharga $ 959.500 untuk mengumpulkan uang bagi Crossroads Center yang merupakan pusat rehabilitasi narkoba yang didirikan oleh Clapton.